Friday 4 August 2017

Fungsi DRL

Otomotif-Industri : DRL, apa itu DRL ? 

Mungkin masih ada yang masih awam mengenai DRL, kali ini penulis mencoba mengupas mengenai DRL.
DRL merupakan singkatan dari Bahasa Inggris yaitu Daytime Running Light. Atau mungkin kita sering menyebutnya lampu DRL, sedikit kurang tepat sebenarnya karena L pada DRL sendiri itu artinya Lampu ya ? Hehehe.

Lampu ini akan langsung nyala pada saat kunci kontak diputar ke posisi ON. Tujuan utama dari penggunaan lampu ini adalah untuk lebih meningkatan visibilitas pengemudi kendaraan lain akan keberadaan mobil kita, sehingga mobil lain akan lebih waspada terhadap keberadaan mobil kita, dan pada akhirnya adalah mengurangi angka kecelakaan atau meningkatkan keamanan pada mobil kita dan otomatis kita sebagai pengendara. 

Selain fungsi utama terkait Safety tersebut, DRL juga memberikan tampilan yang lebih keren dan stylish pada mobil kita. Sehingga banyak pemilik mobil yang belum terpasang lampu DRL pada mobilnya, mereka banyak yang melakukan modifikasi dengan menambahkan DRL pada mobil kesayangannya.

Pada mobil – mobil modern, keluaran terbaru yang biasanya levelnya menengah ke atas, pasti sudah menggunakan lDRL.DRL ini biasanya menggunakan lampu LED sehingga memang secara tampilan cukup menarik.

Pada awalnya lampu DRL hanya dipakai di Eropa seperti Finlandia, Swedia dan Rusia sebagai pelopor penggunaan DRL ini pada mobil seperti Volvo. Alasannya sebagai fitur keselamatan pertanda mobil disiang hari, karena di Negara tersebut memiliki sinar matahari yang lebih sedikit dibandingkan Negara Asia yang dilewati garis khatulistiwa.
Pancaran cahaya DRL juga dibuat tidak menyilaukan pengendara lain dan letaknya pun di dalam Headlamp. Dan secara otomatis bila sudah malam hari lampu utama dihidupkan DRL akan meredup secara otomatis.
Jadi, apakah DRL mobil anda sudah sesuai dengan fungsinya ?

Tetaplah berkendara dengan Aman – Keep Safety Driving

No comments:

Post a Comment