TOYOTA BEREAKSI
Otomotif – Industri : AVANZA disalip XPANDER sebagaimobil terlaris di Indonesia. Hasil penjualan AVANZA bulanFebruari 2018 yang diumumkan pada awal Maret 2018 lebihsedikit sekitar 1000 unit dari XPANDER. Ini adalah yang keduadari sekitar 14 tahun lalu atau tepatnya dari 2003, setelah padaawal peluncuran CALYA sempat menyalip juga sebagai yang terbanyak dikirim ke Customer. Dan merupakan yang pertamasetelah peluncurannya pada 2003 lalu, disalip oleh mobil daribrand yang berbeda yaitu MITSUBISHI.
Tapi bukan TOYOTA namanya kalau hanya pasrah danmembiarkan XPANDER terus berkuasa. Mari kita analisaREAKSI apa yang sudah dan mungkin akan dilakukanTOYOTA untuk mengembalikan kejayaan AVANZA.
Pertama yang sudah dilakukan oleh TOYOTA adalahmeluncurkan All New RUSH dan adiknya yaitu DAIHATSU meluncurkan All New Terios. Anak kembar dari IBU yang berbeda ini diluncurkan pada akhir tahun 2017, ini bisa diartikanbahwa TOYOTA memang sudah memprediksi danmengantisipasi kemungkinan kejadian ini (XPANDER effect).
TOYOTA memang sangat cepat BEREAKSI terhadap apa yang dilakukan pesaingnya, ini salah satu kelebihan TOYOTA dariprodusen lain.
Jika kita urut kronologinya sebagai berikut :
1. Agustus 2016 MITSUBISHI mengenalkan XPANDER versi konsep yaitu XM Concept pada gelaran GIIAS 2016
2. Selang kurang lebih satu tahun pada gelaran GIIAS 2017 MITSUBISHI meluncurkan versi produksimassal XM Concept yang diberi nama XPANDER
3. Kurang lebih 2 bulan dari peluncuran di GIIAS 2017 yaitu pada sekitar September 2017 MITSUBISHI mulai melakukan pengiriman XPANDER kepelanggan yang sudah menunggu
4. Kurang lebih 3 bulan yaitu pada Desember 2017 TOYOTA dan DAIHATSU meluncurkan All New Rush dan All New Terios
5. Pada awal 2018 All New RUSH dan Terios mulaididistribusikan ke pelanggan setianya
Dari kronologi di atas maka dapat disimpulkan dari pengenalanXM Concept sampai dengan peluncuran All New Rush danTerios maka hanya ada waktu kurang lebih 1,5 tahun.
Ini artinya dari saat MITSUBISHI baru mengenalkan mobilkonsep, TOYOTA langsung BEREAKSI mengumpulkan data pendukung dan membuat rencana tindakan untuk mengantisipasisepak terjang XPANDER. Artinya waktu 1.5 tahun cukup buatTOYOTA dan DAIHATSU untuk melakukan Full Model Change pada Low SUV andalannya. Ini masuk akal karena inibukan New Model tapi Full Model Change. Dan hal inilah yang sepertinya tidak terlihat dari produsen lain, dan kalaupun adatindakan pun sepertinya telat.
Di bulan Februari 2018 mungkin belum terasa maksimaldampaknya, sehingga XPANDER sukses menjegal AVANZA. Karena berdasarkan informasi, di wilayah Jakarta sajaPelanggan harus menunggu atau inden sampai 4 bulan untukmendapatkan All New Rush atau Terios.
REAKSI kedua dari TOYOTA adalah meluncurkan All New Yaris Model 2018. Jika melihat segmennya, memang sepertinyabukan untuk melawan XPANDER, tapi paling tidak dapatmemecah konsentrasi atau perhatian masyarakat, agar tidakterlalu tertuju ke XPANDER.
Karena dari banyaknya penduduk Indonesia, sehingga banyakorang yang tidak terlalu fanatik. Misalnya hanya mau beli mobilMPV, atau SUV. Tapi mereka beli mobil yang design ataupunmodelnya yang paling baru, tanpa memikirkan itu MPV, SUV, Sedan, Crossover ataupun Hatchback.
Jadi kesimpulannya, All New Yaris ini ditujukan untukmemecah perhatian dan konsentrasi masyarakat. Memberikanlebih banyak pilihan model mobil baru, sehingga perhatianmasyarakat terpecah dari XPANDER. Sehingga Customer yang tidak mau menunggu XPANDER terlalu lama, mungkinberpaling ke All New Yaris (Pelanggan yang tidak fanatik padasatu model). Sehingga penjualan XPANDER dapat ditekandiharapkan mungkin simpatisan AVANZA tetap memberikanhatinya pada MPV Sejuta Umat itu, karena memang sudah terujikehandalannya selama 14 tahun dari kelahiran pertamanya. Sehingga AVANZA bisa kembali bertahta.
Menarik ditunggu, akankah AVANZA berhasil merebut kembaliTAHTANYA.
Berikutnya adalah REAKSI yang mungkin dilakukan TOYOTA,jika dua AKSI di atas masih gagal untuk merebut kembaliTAHTA AVANZA, yaitu mempermak AVANZA yang 100% MPV menjadi SUV Crosover 7 Seater.
Mobil ini sudah terlebih dahulu diluncurkan di negara tetanggaMalaysia. Walaupun infonya Toyota Indonesia masih belum adarencana untuk memproduksinya, tapi ini sangat mungkin terjadisebagai Contigency Plan jika REAKSI di atas masih belumberhasil.
Kesimpulannya adalah TOYOTA sangat cepat REAKSInyamerespon tantangan dari produsen lain.
Demikian mungkin analisanya, kita tunggu hasilnya awal bulandepan, akankah XPANDER masih berkuasa atau AVANZA merebut kembali TAHTAnya.
Thing Flexible and Do Creative.
No comments:
Post a Comment