Sunday 21 August 2016

Mitsubishi XM Concept - Crossover MPV dari Mitsubishi

Di tengah pasar otomotif Indonesia yang tengah menurun, Mitsubishi optimis untuk melanjutkan rencananya membangun pabrik baru di Indonesia. Dan berdasarkan informasi yang beredar di media, kini pembangunannya sudah hampir rampung.

Dan dengan momen yang tepat saat pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tanggal 11 ~ 21 Agustus 2016, Presiden sekaligus CEO dari Mitsubishi Motors Corporation sengaja datang ke Indonesia untuk melihat progres pembangunan pabrik baru dan sekaligus memperkenalkan Low MPV baru yang akan bersaing denga pemain yang sudah ada saat ini yaitu si Kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio.

Jagoan baru Mitsubishi tersebut diberi nama XM Concept. XM sendiri berarti X yaitu Crossover
dan M adalah MPV. Jadi XM Concept ini merupakan perpaduan antara Crossover dan MPV. Mitsubishi menyatakan bahwa mobil tersebut memiliki ketangguhan layaknya mobil Crossover tetapi memiliki kenyamanan sama seperti MPV. Dimana mobil tersebut memiliki tempat duduk 3 baris yang artinya dapat menampung 7 penumpang.

Berikut adalah tampang dari Mitsubishi XM Concept.














 
Dari foto dan video di atas, dapat kita lihat bahwa design XM Concept sangat mewakili sebuah mobil masa depan. Dengan design yang futuristik dan elegan. Memang designnya terlihat gagah dan kokoh, tetapi juga memiliki ruang yang lega untuk memuat 7 orang. Dari pengamatan saya di GIIAS, mobil tersebut terlihat gagah dan tinggi dengan menggunakan pelek dari ENKEI dengan ukuran 18 inchi, seperti layaknya mobil SUV. dibalut dengan ban DUNLOP ukuran 225/55/R18, selain itu juga pada mobil yang dipajang di GIIAS, terlihat roda depan dan belakang sudah menggunakan rem cakram. Ini menjadi nilai lebih dari pesaingnya di segmen MPV, tetapi mengarah pada kelas SUV.

Dari fakta di atas maka saya menyimpulkan bahwa selain akan mengambil "KUE" legit kelas MPV, mobil tersebut juga akan merecoki persaingan di kelas Low SUV yang saat ini dihuni oleh BR-V dari Honda, serta si Kembar Terios Rush dari Daihatsu dan Toyota.

Dan sebagai bahan referensi berikut saya sajikan data terkait MPV yang saat ini beredar di pasaran Indonesia. Dengan data XM Concept walaupun belum lengkap karena memang spek produksi massalnya memang belum ada.

Banyak komentar dari pengunjung yang datang di pameran GIIAS, tetapi dari sekian banyak komentar mayoritas pengunjung sangat puas dengan design dan tampilan XM Concept. Dan banyak pula yang berencana untuk mengganti mobilnya saat ini dengan XM Concept. Tetapi dengan catatan tampilan produksi massal sama atau tidak jauh dari konsepnya. Karena banyak juga yang konsepnya sangat bagus tetapi saat produksi massal hasilnya jauh dari harapan. Dan satu lagi yang menjadi poin penting yaitu mengenai harga, karena Mitsubishi Motors menyatakan bahwa XM Concept akan bermain di segmen Low MPV, maka harganya harus seimbang dengan kompetitor yang sudah ada saat ini. Seperti pada tabel atas, kelas tertinggi pada masing - masing merek yaitu dibawah IDR 250 juta.

Jadi, mari kita tunggu kehadiran produksi massal Mitsubishi XM Concept pada tahun depan.

No comments:

Post a Comment