Monday 12 September 2016

Head to Head

Otomotif Industri : Melanjutkan ulasan sebelumnya bahwa produksi dan penjualan otomotif di Indonesia telah mencapai lebih dari 1 juta unit dalam satu tahun. Lalu mobil apa saja yang dijual di Indonesia, berikut kami sajikan untuk Anda,data Head to Head masing masing produsen di setiap segmennya.
Data ini kami fokuskan untuk mobil penumpang diluar truk dan bus. Serta hanya untuk mobil yang penjualannya cukup besar pada masing - masing segmen. Berikut data selengkapnya.
 
Data harga diatas kami ambil harga pada tipe terendah


Dari data tersebut di atas terlihat jelas bahwa "Sang Penguasa" pasar, TOYOTA, hampir memiliki "pemain" di hampir semua segmen. Belum lagi beberapa model yang tidak kami masukkan dalam daftar di atas. Bahkan yang sedang ramai saat ini, bahwa TOYOTA sebentar lagi akan melahirkan pemain di segmen Crossover yang saat ini masih kosong, dan hanya dihuni oleh HONDA dengan HR-V dan NISSAN dengan JUKE. Sang pemain baru di segmen Crossover dari TOYOTA yaitu mobil konsep C-HR.
TOYOTA rupanya sadar bahwa di segmen Crossover ataupun juga Midle SUV saat ini sedang menunjukkan trend positif di pasar Otomotif tanah air. Dan tentu saja TOYOTA tidak mau melepas begitu saja "Kue Legit" tersebut.
Kita tunggu strategi masing - masing produsen untuk mendongkrak penjualannya di tanah air. Karena mereka pasti sadar dengan populasi penduduk Indonesia yang saat ini nomor 4 tebanyak di dunia, tentu saja merupakan pasar yang sangat menjanjikan. Apalagi berdasarkan data dari suatu survey bahwa dari total penduduk Indonesia saat ini hanya sekitar 10% yang sudah memiliki mobil. Tentu saja Indonesia merupakan suatu proyek yang menggiurkan bagi mereka. Tinggal bagaimana produsen dapat "mengerti" akan Indonesia. Karena semakin mereka "mengerti" akan Indonesia, maka peluang mereka untuk memimpin pasar otomotif Indonesia. Dan memang saat ini TOYOTA merupakan produsen otomotif yang paling "mengerti" Indonesia.

Karena itu "mengertilah" akan Indonesia, maka Indonesia pun akan  memberi lebih.

では、また。

No comments:

Post a Comment