Thursday 8 September 2016

Satu Platform, Beberapa Model

Otomotif Industri : Demi menekan biaya pengembangan mobil, dan juga untuk membuat harga jual mobil lebih kompetitif, produsen mobil berusaha untuk menciptakan beberapa model mobil dari satu platform.


Lalu apa itu platform ?
Platform adalah satu set design dasar sebuah mobil. Sehingga apabila beberapa model mobil menggunakan platform yang sama, maka bagian dasar dari beberapa model tersebut sama.


Lalu apa bagian dasar mobil yang sama ?
Biasanya apabila mobil tersebut menggunakan platform yang sama, maka mobil tersebut memiliki bagian yang sama sebagai berikut :
1. Floorpan yang merupakan dasar sasis dan komponen mekanikal lainnya
2. Wheelbase, yaitu jarak sumbu roda
3. Mekanisme kemudi (Steering)
4. Suspensi depan dan belakang
5. Peletakan dan pemilihan mesin serta komponen power train lainnya


Dengan menggunakan bagian dasar yang sama seperti diatas, maka produsen mobil dapat menekan biaya pengembangan sebuah mobil, sehingga pada ujungnya dapat menjaga harga mobil tetap kompetitif untuk bersaing dengan produsen lainnya.


Dan di Indonesia pun juga terdapat beberapa mobil yang menggunakan platform yang sama. Dan berikut Otomotif Industri, merangkumnya untuk Anda sebagai berikut :


Honda
Brio → Mobilio → BR-V
Jazz → City


Toyota
Agya → Calya
Yaris → Vios → Limo


Daihatsu
Ayla → Sigra
Grand Max → Luxio


Datsun
GO + → GO + Panca


Suzuki
Swift → Ertiga


Mungkin masih ada beberapa model yang belum tertulis di atas. Bagi pembaca yang mengetahuinya mohon dapat dishare pada kolom komentar.


Keep High Spirit





No comments:

Post a Comment