Nissan belum lama ini menyelesaikan proses akuisisi 34%
saham Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan menjadi pemegang saham terbesar.
MMC juga akan menjadi bagian Aliansi Global dengan Nissan
dan Renault. Dengan tambahan MMC, Aliansi ini akan menjadi Tiga besar Otomotif
Grup Global secara volume dengan 10 juta unit pada tahun fiskal 2016.
Chairman dan CEO Nissan Carlos Ghosn mengumumkan bahwa
Nissan dan Mitsubishi akan berkolaborasi untuk Join Purchasing, memperbanyak
lokalisasi, penggunaan platform mobil yang sama, sharing teknologi dan
melakukan ekspansi bersama khususnya pada Negara berkembang.
Kombinasi antara Nissan, Mitsubishi Motors dan Renault akan
menjadi kekuatan baru car maker dunia. Ini akan menjadi satu dari tiga besar
Otomotif Grup dunia. Dengan skala ekonomi terobosan teknologi dan kemampuan
produksi untuk memproduksi kendaraan untuk memberikan pelayanan sesuai permintaan
Customer di semua segmen pasar dan semua market secara geografi di seluruh
dunia.
Gosh memprediksi dengan kerja sama MMC dan Nissan akan menargetkan sinergi keuntungan 24 milyar yen pada tahun fiscal 2017 dan menjadi 60 milyar yen pada tahun fiscal 2018 dan seterusnya. Keuntungan tersebut akan berkontribusi pada naiknya nilai saham dengan estimasi 4 yen per saham pada tahun fiscal 2017 dan 10 yen pada tahun fiscal 2018. Dan puncaknya akan menambah link Nissan pada keseluruhan kepemilikan saham Mitsubishi Motors.
Gosh memprediksi dengan kerja sama MMC dan Nissan akan menargetkan sinergi keuntungan 24 milyar yen pada tahun fiscal 2017 dan menjadi 60 milyar yen pada tahun fiscal 2018 dan seterusnya. Keuntungan tersebut akan berkontribusi pada naiknya nilai saham dengan estimasi 4 yen per saham pada tahun fiscal 2017 dan 10 yen pada tahun fiscal 2018. Dan puncaknya akan menambah link Nissan pada keseluruhan kepemilikan saham Mitsubishi Motors.
Nissan menawarkan bantuan ini atas permintaan dari Presiden dan CEO MMC Mr Osamu Masuko. Dampak dari krisis ekonomi BBM. Kedua perusahaan sudah bekerja sama pada kei-cars untuk pasar Jepang lebih dari 5 tahun. Goshn berkata bahwa kami berkomitmen untuk mem bantu membangun kembali kepercayaan Customer. Ini merupakan prioritas karena kami mengejar sinergi dan pertumbuhan potensial dan hubungan besar kami.
Sebagai bagian dari strategi ini,begitu ungkapan dari Mr Goshn pada suatu acara beberapa waktu yang lalu.