Hill Start Assist
Otomotif – Industri : Bagi sebagianorang mungkin masih awamdengan fitur yang satu ini padasebuah mobil. Karena memangfitur ini termasuk baru dan hanya pada mobil tertentu saja fiturini dipasang. Yang harganya AGAK mahalan, hehe J
Okay, mari kita bahas bersama – sama, fitur yang dibuat olehprodusen mobil untuk memudahkan kita sebagai pengguna.
Pertama – tama, mungkin bagi sebagian orang, khususnya orang yang baru bisa mengendarai mobil pasti pernah mengalami rasa takut pada saat macet di jalan tanjakan. Atau mulai menjalankanmobil di posisi jalan yang menanjak.
Takut kalau mobil bukannya jalan naik, tapi malah mundurkarena timing injak gas dan timing buka kopling yang tidaktepat. Atau mungkin juga mesin mobil malah mati, karenatiming dan besaran kita mengangkat kopling, lebih besar ataulebih banyak dari besaran gas yang kita injak.
Atau walaupun tidak mundur dan mesin mobil tidak mati, tapimobil walaupun jalan naik, tapi mobil mendengung, gas besartapi mobil jalan pelan serta terasa ada bau kamplas kopling. Inidikarenakan bukaan gas lebih besar daripada besaran kitamengangkat kopling, sehingga kopling tidak benar – benarbebas atau lepas, sehingga kampas kopling terus dikikis olehputaran Roda Gila atau Fly Wheel.
Jika kasusnya seperti ini, maka akan timbul bau kamplas koplingdan kopling akan lebih cepat habis atau aus. Mungkin kalausering ke daerah dengan jalan menanjak seperti daerah Puncak – Bogor atau yang lainnya yang sering macet, pasti seringmencium bau kamplas kopling ini. Ya, gak sobat ??
Nah, untuk membantu pengguna mobil pada kondisi seperti ini,pabrikan otomotif selalu berinovasi untuk memtberikankemudahan pada para pengguna mobil. Pada mobil – mobiltertentu, biasanya yang harganya agak mahalan dipasang fiturHill Start Assist atau biasa disingkat HSA.
Sebagian pengguna mobil mungkin sudah bisa mengira – ira, dari nama fitur tersebut yang kurang lebih artinya Bantuan Start di Bukit atau tanjakan.
Jadi secara singkat fitur ini berfungsi untuk mencegah mobilbergerak mundur saat akan mulai jalan lagi dari posisi berhentidi tanjakan.
Ilustrasinya kurang lebih sebagai berikut :
1. Karena macet atau sesuatu hal, kita menghentikanmobil di jalan tanjakan
2. Lalu kita injak rem agar mobil tidak mundursepanjang kita menghentikan mobil
3. Kita bermaksud untuk melanjutkan perjalanan, jadikita lepas injakan rem dan kaki berpindah untukmenginjak gas
Nah, pada saat kaki kita berpindah dari pedal rem ke pedal gas, HSA ini akan membantu kita untuk tetap menahan rem sebentar, saat kaki kita pindah dari pedal rem sampai kaki kita mulaimenginjak gas.
Jika kita lihat pada gambar ilustrasidisamping, kita lihat untuk mobiltanpa fitur HSA, mobil akan sedikitmundur seperti tanda panahdibelakangnya. Tapi untuk mobil yang sudah dipasang fitur HSA, tidak akanmundur dan langsung maju.
Fitur ini bekerja menggunakan sensor yang dipasang pada mobildan berfungsi untuk mendeteksi bahwa mobil berada di jalantanjakan. HSA ini menjaga tekanan pada rem sesuai waktu yang sudah disetting, saat kaki Anda berpindah dari pedal rem kepedal gas. Fitur ini akan secara otomotis melepas tekanan padarem sesaat kaki Anda menginjak pedal gas.
Pada mobil dengan transmisi manual yang mempunyai fitur ini, HSA juga akan tetap membantu untuk menekan rem sampai kaki kiri kita melepas kopling dan mobil mulai jalan.
Bagaimana teman – teman, Apakah fitur ini cukup membantu ?Atau Anda rasa tidak perlu ?
Mangga ditunggu komentarnya ?
Keep Safety Driving JJJ